Tuesday, June 23, 2009

Mengenal Total Football

Total Football adalah sebuah sistem permainan agresif ketika seorang pemain yang meninggalkan posisinya segera diganti oleh pemain lain. Tak ada tempat kosong dalam formasi permainan yang katanyamulai dicoba oleh Hongaria pada era 1950-an ini.
Total Football hanya dapat diperagakan oleh sebuah tim yang memiliki pemain dengan keahlian individu serta fisik yang prima dan taktik brilian plus mental dan kepercayaan pada rekan. Pasalnya setiap pemain bisa menjadi striker, gelandang dan bek.
Banyak yang menyebut Jack Reynolds, pelatih Ajax Amsterdam pada awal abad ke-20 adalah peletak dasar total football. Salah satu pemainnya bernama Rinus Michels,yang kemudian mengembangkan konsep permainan agresif tersebut.
Michels akhirnya dikenal sebagai arsitek total football ketika Ajax yang dilatihnya di penghujung 1960-an hingga awal 1970-an menampilkan sepakbola penuh gairah. Ada juga yang menyebutnya sebagai Father of Total Football. Sang Jenderal, julukan Michels memiliki muridyang berhasil meneruskan sepakbola menawan, namanya Johan Cruyff.

Komentar Ruud Krol
“ Saat berlatih, kami selalu membicarakan ruang gerak. Ketika bertahan, jarak antara kami semua harus sangat dekat. Saat menyerang, kami segera menyebar dan mempergunakan lebar lapangan.
Kondisi kami harus 100% untuk bisa tetap kuat selama 90 menit. Hal ini dibantu sistem. Jika saya bek kiri berlari sejauh 70 meter, tidaklah baik kalau saya harus segera kembali ke posisi awal. Jadi, ketika gelandang kiri mengambil posisi saya, bek kiri mengisi tempat si gelandang. Hal ini akan mempersempit ruang gerak lawan.”

No comments:

Post a Comment