Tuesday, June 9, 2009

From Good to Great

Dalam istilah bahasa Inggris ada perbedaan tipis antara kata Good dan Great. Kata Good berarti baik atau bagus sedangkan Great berarti terbaik atau paling baik. Menarik sekali jika kita membandingkan kedua kata ini dengan dua pemain hebat asal argentina, Diego Maradona dan Lionel Messi. Banyak orang kini yang membandingkan kehebatan antara kedua pemain ini. Memang banyak kemiripan antara keduanya namun menurut saya ada hal besar yang membedakan keduanya.
Maradona adalah seorang pemain besar atau bisa disebut juga terbaik atau terbesar (Great). Dia mampu sendirian membawa timnas Argentina menjadi juara dunia 1986 dan runner-up PD 1990. Dia juga mampu membawa Napoli sebuah klub yang sebelumnya tidak dikenal menjadi jawara Italia pada dekade 80 dan 90-an. Bahkan dia dianggap sebagai dewa disana dan namanya masih dikenang hingga kini. Dan terbukti tanpa Maradona prestasi timnas Argentina dan Napoli merosot drastis hingga saat ini.
Sedangkan Lionel Messi hingga saat ini masih dianggap seorang pemain yang bagus atau baik (Good). Dia memang mampu membawa Barcelona juara Liga Spanyol dan Liga Champions, namun prestasi itu didukung oleh pemain hebat lainnya yang ada diskuad Barcelona kini. Begitu pula dikancah timnas, prestasi terbaik Messi adalah menjadi juara Olimpiade bersama timnas U-23 Argentina, namun pada saat bersama timnas senior terbukti Messi gagal bersinar saat Piala Dunia 2006 dan Piala Amerika 2005 dan 2007. Piala Dunia 2010 di Afsel tahun depan nampaknya akan menjadi ajang pembuktian diri bagi Messi apakah ia mampu setidaknya menyamai prestasi sang dewa Maradona untuk mengantar Argentina menjadi juara dunia. Menariknya, timnas Argentina kini justru dilatih langsung oleh Maradona. Menarik untuk ditunggu apakah Maradona mampu mengantar sang duplikat untuk mencapai kejayaannya di ajang terakbar sepakbola sejagat itu.

No comments:

Post a Comment