Sunday, June 21, 2009

Krisis Kepelatihan Inggris

Keputusan Chelsea untuk menunjuk Carlo Ancelotti yang merupakan pelatih asal Italia sebagai pelatih klub elit Premier League tersebut, menunjukkan bahwa Inggris kini tengah mengalami krisis yang luar biasa dalam masalah kepelatihan. Sebelumnya pada 2008, FA juga menunjuk pelatih asal Italia Fabio Capello sebagai pelatih timnas Inggris. Nampaknya, baik klub Premier League dan bahkan FA sendiri sudah tidak lagi mempercayai para pelatih dari dalam negeri untuk melatih klub dan timnas Inggris. Nama-nama tenar seperti Glenn Hoddle, Terry Venables, Bobby Robson, Steve McClaren maupun Kevin Keegan dianggap sebagai cerminan para pelatih lokal terbaik yang ada di Inggris saat ini namun selalu gagal bila menangani sebuah tim.
Krisis ini bisa pula tercermin bila melihat klub-klub papan atas Premiere League lainnya yang semuanya dilatih oleh pelatih asing seperti Man Utd ( Alex Ferguson, Skotlandia ), Arsenal ( Arsene Wenger, Prancis), Liverpool ( Rafael Benitez, Spanyol) maupun Chelsea (Carlo Ancelotti, Italia). Bahkan klub medioker di Premiere League kini juga turut latah menggunakan jasa pelatih asing seperti Everton (David Moyes, Skotlandia), Aston Villa (Martin O’Neill, Irlandia), Manc. City (Mark Hughes, Wales) dan West Ham (Gianfranco Zola, Italia). Jika melihat hal diatas maka tidaklah mengherankan apabila krisis kepelatihan di tingkat klub merembet juga kepada timnas Inggris.
Tidak adanya regenerasi pelatih-pelatih muda ditambah lagi tidak adanya peningkatan kualitas dari para pelatih lokal tengah terjadi saat ini di dataran Inggris. Bila dibandingkan dengan negara-negara raksasa sepakbola lainnya baik yang terdapat di Eropa maupun Amerika Latin seperti Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, Belanda, Brazil, dan Argentina bisa dibuktikan bahwa hanyalah Inggris yang menggunakan pelatih asing untuk menangani timnasnya. Hal ini patut menjadi perhatian serius bagi insan pesepakbolaan Inggris agar kualitas pelatih serta pesepakbolaan Inggris tidak lagi stagnan seperti saat ini. Perbaikan-perbaikan yang signifikan amat diperlukan bagi para pelatih lokal di Inggris saat ini.

No comments:

Post a Comment