Sunday, June 28, 2009

Kuartet Maut

Dunia sepakbola nampaknya akrab dengan istilah trio atau tiga pemain dalam satu tim yang mampu mengangkat permainan timnya hingga dapat berprestasi maksimal. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa ada juga istilah kuartet atau empat serangkai yang juga mampu berkontribusi amat baik bagi timnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kuartet maut yang amat terkenal dalam dunia sepakbola.
Yang pertama adalah kuartet lini tengah timnas Prancis dipertengahan tahun 1980-an yaitu Luis Fernandez, Alain Giresse, Jean Tigana dan Michel Platini. Kuartet ini mampu mengantar Prancis menjadi juara Euro 1984 dan semifinalis Piala Dunia (PD) 1986.
Kedua, kuartet lini pertahanan AC Milan diakhir era 80-an dan awal 90-an. Mereka adalah Franco Baresi, Paolo Maldini, Alessandro Costacurta dan Mauro Tassotti, keempatnya membawa Milan menjadi Dream Team dikancah Serie-A dan Eropa. Selain itu di timnas Azzuri prestasi puncak kuartet ini adalah saat membawa Italia menjadi runner-up PD 1994 di AS.
Ketiga, adalah empat pemain lini tengah Man United di akhir era 90-an yang mengukir prestasi puncak membawa MU menjadi rajanya Premiere League dan meraih Treble ditahun 1999. Pelatih jenius Sir Alex Ferguson ternyata mampu meramu Roy Keane, David Beckham, Ryan Giggs dan Paul Scholes menjadi punggawa andalan dilini tengah MU kala itu.
Yang keempat adalah kuartet lini belakang timnas Prancis yaitu Laurent Blanc, Marcell Desailly, Bixente Lizarazu dan Lilian Thuram. Apabila keempatnya bermain bersama timnas Ayam Jantan Prancis mengukir rekor sempurna tidak pernah terkalahkan. Prestasi puncak mereka adalah menjadi juara PD 1998, Euro 2000 dan Piala Konfederasi 2001.
Terakhir datang dari timnas Spanyol. Dunia sepakbola kini tengah terkagum-kagum pada permainan ciamik tim matador tersebut. Gaya permainan menyerang dipadu dengan pertahanan kuat, stamina prima dan kualitas teknik yang mengagumkan amat menyita perhatian khalayak sepakbola. Permainan cantik ini tentu saja dimungkinkan dengan adanya kuartet dilini tengah tim matador saat ini yaitu Xavi Hernandez, Marcos Senna, Andres Iniesta dan David Silva. Merekalah kreator dari permainan Spanyol hingga mampu menjuarai Euro 2008 dan tidak terkalahkan hingga lebih dari 30 pertandingan internasional.

No comments:

Post a Comment