Thursday, June 25, 2009

Kiper Serie-A

Ada sebuah fenomena unik yang terjadi pada klub-klub papan atas Serie-A Italia beberapa musim terakhir yaitu kecenderungan tim-tim tersebut untuk memakai kiper asing. Italia yang selama ini terkenal sebagai gudangnya kiper-kiper lokal yang berkualitas serta keengganan klub Serie-A untuk memakai kiper asing menyebabkan sangat sulit bagi seorang kiper asing untuk menjadi portiere utama diklub-klub Italia. Pada era 90-an maupun awal 2000-an tentu kita akan sangat jarang melihat kiper asing beraksi di Serie-A. Namun hal ini tidak berlaku lagi akhir-akhir ini, seiring dengan globalisasi persepakbolaan dunia membuat semua pemain dapat saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.
Kita sekarang tentu tidak lagi aneh melihat klub Serie-A memakai kiper asing menjadi kiper utama di starting elevennya seperti Dida, Brasil (AC Milan), Julio Cesar, Brasil (Inter Milan), Alexander Doni, Brasil (AS Roma), Sebastian Frey, Prancis (Fiorentina), Nestor Muslera, Argentina (Lazio) dan Robinho, Brasil (Genoa).
Ironisnya kiper terbaik Italia saat ini seperti Marco Amelia, Morgan de Sanctis, dan Matteo Sereni justru malah bermain di klub medioker Serie-A bahkan kiper sekelas Christian Abbiati harus rela dipinjamkan ke berbagai klub akibat kalah bersaing dengan Dida di AC Milan. Selain itu cadangan Gianluigi Buffon di Juventus yaitu Alex Manninger juga seorang kiper asing asal Austria. Tentu saja fenomena ini menjadikan persaingan antar penjaga gawang di Serie-A menjadi lebih menarik serta kompetitif untuk dinikmati.

No comments:

Post a Comment