Sunday, July 5, 2009

Ronaldinho = Rivaldo

Sangat menarik untuk mencermati kiprah dua pemain terbaik dunia asal Brazil, Ronaldinho dan Rivaldo. Cukup banyak persamaan dalam karir sepakbola keduanya. Kedua pemain ini sama-sama mengantar Brazil menjadi juara dunia 2002 saat Piala Dunia diadakan di Korea – Jepang. Kedua pemain ini mencapai puncak karir sepakbolanya diklub asal Catalan, Barcelona. Rivaldo menjadi pemain terbaik dunia tahun 1999 sedangkan Ronaldinho dua kali menjadi pemain terbaik dunia tahun 2004 dan 2005. Berbagai gelar telah ditorehkan keduanya bagi El Barca namun saat prestasinya anjlok kedua pemain ini seperti “dibuang” begitu saja dari skuad inti Barcelona.
Rivaldo lantas hijrah ke serie-A untuk bermain bagi AC Milan dimusim 2002. Ironisnya prestasinya lantas terjun drastis karena tidak bisa beradaptasi dengan gaya permainan tim asal kota mode tersebut. Hanya dua musim membela Milan, Rivaldo terpaksa harus pindah ke klub asal Yunani Panathinaikos diawal musim 2005/2006. Hampir sama dengan Rivaldo, sang mahabintang Ronaldinho juga pindah ke Milan pasca merosotnya performa permainannya bersama El Barca. Namun kepindahannya yang menghebohkan diawal musim 2008/2009 ternyata tidak berujung pada performa impresif diatas lapangan hijau. Ronaldinho hanya menawan diawal musim untuk selanjutnya lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Kondisi fisik yang tidak prima ditengarai menjadi penyebab buruknya penampilan Ronaldinho di Milan.
Di musim keduanya bersama Milan, layak ditunggu penampilan Ronaldinho dengan seragam merah-hitam. Banyak pihak yang kini menggantungkan harapan besar dipundak Ronaldinho mengingat Milan baru saja ditinggal ikon mereka Ricardo Kaka ke Madrid. Selain itu pelatih anyar Milan yang juga berasal dari Brazil, Leonardo Nascimento telah bertekad untuk mengembalikan kejayaan Ronaldinho. Jika saja penampilan Ronnie masih buruk dimusim depan bukan tidak mungkin ia akan kembali mengikuti jejak Rivaldo yang terpaksa harus tersingkir dari Milan.

No comments:

Post a Comment