Sunday, July 5, 2009

Kutukan Semifinalis Piala Dunia

Ada satu hal yang nampaknya menjadi “kutukan” bagi para tim semifinalis Piala Dunia (PD). Kutukan tersebut adalah tidak lolosnya salah satu dari dua tim semifinalis PD yang kalah saat babak semifinal ke ajang PD empat tahun berikutnya. Kutukan ini dimulai pada era-80’an dimana saat itu sepakbola telah beralih dari gaya permainan klasik menjadi permainan sepakbola yang lebih modern seperti saat ini.
Semifinalis PD 1982, Belgia yang menduduki tempat ketiga diajang yang diselenggarakan di tanah Spanyol tersebut ternyata gagal menembus babak penyisihan untuk mengikuti Pra PD 1986. di PD 1986 Meksiko sendiri, salah satu semifinalisnya yaitu Prancis juga gagal menembus babak kualifikasi untuk ikut PD 1990 di Italia. Sedangkan saat PD 1990 di Italia, Inggris yang saat itu dikalahkan Italia saat perebutan tempat ketiga ternyata juga gagal lolos ke ajang PD empat tahun berikutnya di Amerika Serikat.
Kutukan semifinalis ternyata tidak berhenti disini saja, saat PD 1994 Swedia berhasil merebut posisi ketiga namun kemudian gagal mengikuti ajang PD berikutnya di Prancis tahun 1998. Saat digelarnya PD 1998 di Prancis, Belanda yang dilatih Guus Hiddink berhasil menembus babak semifinal namun kenyataannya tim Oranye ini kembali gagal lolos ke ajang PD 2002 di Korea-Jepang.
Pada PD 2002 di Korea – Jepang, kesebelasan Turki mengejutkan dunia dengan berhasil meraih posisi ketiga. Namun saat digelar Pra PD 2006, Turki ternyata melempem dan gagal ikut serta ke ajang turnamen terakbar sepakbola dunia tersebut. Di PD 2006, Portugal dibawah asuhan Luiz Scolari kembali berhasil menembus babak semifinal setelah terakhir lolos semifinal PD tahun 1966 saat masih diperkuat Eusebio. Tetapi kini nasib Cristiano Ronaldo cs. semakin tidak jelas di penyisihan Pra PD 2010 zona eropa. Tim Portugal hanya menempat posisi ketiga digrupnya dan tertinggal jauh dari pemuncak klasemen. Hal ini membuat posisinya terancam untuk gagal lolos ke Afsel 2010. Hal ini nampaknya semakin memperkuat kutukan abadi semifinalis PD yaitu salah satu dari dua tim semifinalis yang kalah alias tim yang memperebutkan posisi ketiga dan empat pasti gagal lolos ke ajang PD empat tahun berikutnya.

No comments:

Post a Comment